Senin, 18 April 2011

85% Wanita Risih dengan Teman Facebook-nya

Facebook masih menjadi rajanya situs jejaring sosial. Namun siapa sangka bahwa ternyata situs ini membawa dampak negatif, khususnya bagi Facebooker wanita. Apakah itu?Dari survey yang dilakukan oleh Eversay, ditemukan fakta bahwa situs Facebook ternyata melahirkan ‘musuh’ baru bagi wanita. Meskipun sebanyak 79% wanita mengatakan bahwa mereka memakai Facebook agar bisa terus mengikuti kehidupan teman-temannya, akan tetapi sebanyak 85% dari kalangan wanita mengaku bahwa teman Facebook mereka terasa mengganggu. Dengan fakta tersebut, Facebook tak lagi sebagai tempat yang seutuhnya untuk rileks.

Sebenarnya Eversave mensurvey sebanyak 400 wanita guna mengetahui bagaimana jaringan sosial mempengaruhi aktivitas belanja mereka. Namun akhirnya, survey ini berhasil menguak informasi-informasi menarik lainnya, yakni tentang hubungan wanita dengan teman online mereka di mana hubungan tersebut ternyata tidak telalu baik.
Keluhan terbeasar yang dikeluarkan wanita mengenai teman Facebook wanita mereka ialah bahwa mereka suka mengeluh dan itu sangat mengganggu. Sebesar 63% dari responden mengatakan mereka muak dengan onliner yang suka mengeluh sepanjang waktu.
Selain kebiasaan mengeluh, hal online lain yang dinilai mengusik mereka ialah golongan yang sering meng-update aktivitas yang sedang dilakukan. Aksi tersebut mengganggu sebesar 65% wanita di Facebook. Sosok ibu yang kelewat bangga akan anak-anaknya juga dinilai mengganggu di mana 57% wanita mengatakan mereka kesal dengan teman-teman yang menggembar-gemborkan mengenai betapa lucu atau pintarnya anak mereka.
Sedang mereka yang suka berbicara mengenai pandangan politik dinilai menganggu bagi 42% wanita yang disurvey, dan 32% lainnya terganggu dengan teman yang memakai Facebook untuk membual tentang kehidupan mereka yang seakan-akan sempurna. Facebooker yang doyan menge-’Like’ terlalu banyak postingan juga diakui mengganggu oleh 46% responden.
Meski begitu, tidak semua hasil survey mengungkap fakta yang buruk. Di lain sisi, peneliti menemukan bahwa sebanyak 91% wanita mengatakan mereka diuntungkan oleh Facebook karena memungkinkan mereka untuk melihat foto dan video milik teman, sedang 76% mengakui bahwa situs tersebut membantu mereka menemukan teman lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OVERALL